Breaking News

Karang Pamitran Tingkat Kwarcab Indragiri Hilir Tahun 2023 Resmi Dilaksanakan

Kamis 20 Juli 2023 Bertempat Di Graha Kwarcab Indragiri Hilir dilaksanakan Kegiatan Karang Pamitran Cabang Tahun 2023, Ketua Pelaksana Kak Darwisman, S.Sos Mengatakan

Pengertian Karangpamitran tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 056 Tahun 1982 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Karang Pamitran yang ditetapkan pada 8 Juli 1982 oleh Ketua Kwartir Nasional yang menjabat saat itu, yaitu Kak Mashudi.

Dari Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) ini disebutkan secara rinci Tujuan, Fungsi, dan Sasaran dari Karang Pamitran. Tujuan Karang Pamitran adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta menambah dan mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan bagi para pembina pramuka sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugusdepan dan satuannya dengan pengabdian dan tanggungjawab yang tinggi. Adapun total peserta 23 Orang pembina yang ada di gugus depan se Kwarcab Indragiri Hilir. Syarat untuk mengikuti Kegiatan ini minimal sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar.

Sasaran Karang Pamitran adalah agar para peserta dapat mempertebal jiwa korsa di antara mereka, sehingga sesudah mengikuti kegiatan ini mampu menambah saling pengertian dan keakraban diantara sesama pembina pramuka, meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di satuannya, dan mendorongkan minat dan mengembangkan bakat peserta didiknya, Selain itu juga peserta akan mampu mengelola satuanny dengan baik, membuat program kegiatan yang menarik, termasuk membina anak didiknya sehingga dapat menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Sementara Fungsi dari Karang Pamitran adalah sebagai wadah untuk mempertemukan dan mempersatukan, serta membina persahabatan dan persaudaraan para pembina pramuka, alat untuk mengikat hubungan batin antar pembina pramuka, tempat untuk saling bertukar penglaman, pengetahuan dan kecakapan diantara para pembina pramuka, serta sarana untuk menyampaikan informasi.

Karang Pamitran adalah pertemuan pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya. Karang pamitran adalah salah satu usaha penyegaran, tukar pengalaman, penambahan pengetahuan dan ketrampilan, yang tidak merupakan jenis dan jenjang kursus, melainkan merupakan salah satu pendidikan informal untuk orang dewasa. Pembina pramuka yang dimaksud adalah termasuk pula pembantu pembina pramuka, Untuk mewujudkan tujuan, sasaran, dan fungsi dari Karang Pamitran, kegiatan ini dapat diselenggarakan sesuai dengan keadaan dan kemampuan setempat, yaitu dalam bentuk perkemahan dan bukan perkemahan. Apabila diselenggarakan dalam bentuk perkemahan harus diusahakan agar tempat perkemahan puteri dan tempat perkemahan putera terpisah Karang pamitran diadakan untuk pertemuan pembina pramuka puteri dan pembina pramuka putera, dengan memperhatikan system satuan terpisah. Sesuai dengan kepentingannya, maka dapat diadakan pengelompokkan pembina pramuka siaga, penggalang, serta penegak dan pandega  disampaikan Oleh Kak Ridwan Ahim, M.Kes, Adapun materi kegiatan karang pamitran diarahkan pada pengembangan gugusdepan yang berorientasi pada penggunaan management dan system perencanaan, pemrograman dan anggaran. Materi karang pamitran disesuaikan dengan tingkat dan lamanya pertemuan, peranan, tugas, dan kewajiban serta tanggungjawab pembina pramuka.

Materi-materi tersebut meliputi lima bidang utama, yaitu bidang organisasi, bidang administrasi, bidang kegiatan, bidang kegiatan, dan bidang lainnya termasuk di dalamnya adalah pengetahuan umum, kebijakan pemerintah, dan hubungan masyarakat. materi yang disampaikan dikegiatan ini diharapkan disampaikan ke seluruh Gugus Depan yang ada Di 20 Kwartir Ranting se Indragiri Hilir kata Korps Pelatih Kwarcab Indragiri Hilir..













https://pramukadiy.or.id/tujuan-sasaran-dan-fungsi-karang-pamitran/

Tidak ada komentar