Breaking News

Gugus Depan Ramah Lingkungan SDN 32 Tembilahan Sadarkan Pelajar terhadap Lingkungan

Gerakan Pramuka Gugus Depan Ramah Lingkungan 04.02.103-04.02.104 SD Negeri 032 Tembilahan: Mendorong Kesadaran Lingkungan di Kalangan Pelajar

Tembilahan, 13 Juli 2023 - Gugus Pramuka Ramah Lingkungan di SD Negeri 032 Tembilahan telah mencapai prestasi luar biasa dalam mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan para pelajar. Dengan moto "Karakter Terpuji Berwawasan Lingkungan," Gerakan pramuka ini berhasil mendorong perubahan positif dalam perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Gugus Depan Ramah Lingkungan 04.02.103-04.02.104 terdiri dari Anggota Pramuka Siaga dan Penggalang yang berusia dari 7 s.d 10 Tahun (siaga) dan 11 s.d 15 (Penggalang)  di SD Negeri 032 Tembilahan. Mereka telah bekerja keras untuk membangun kesadaran lingkungan di antara rekan-rekan sebaya mereka melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan edukatif.

Salah satu kegiatan utama yang telah dilakukan adalah "Aksi Bersih Sekolah." Setiap bulan, anggota gugus pramuka bersama-sama membersihkan seluruh area sekolah, mulai dari kelas-kelas, ruang guru, hingga taman sekolah. Mereka juga mengadakan kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan mempromosikan penggunaan botol minum kembali.

Selain itu, gugus pramuka ini juga berpartisipasi aktif dalam program penanaman pohon di sekitar lingkungan sekolah. Dengan bantuan dari komunitas lokal, mereka telah berhasil menanam pohon di area sekitar sekolah. Hal ini tidak hanya membantu menghijaukan lingkungan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati.

GugusDepan Ramah Lingkungan 04.02.103-04.02.104 juga sering mengadakan kegiatan pembelajaran di luar ruangan seperti kunjungan ke Taman dan konservasi alam setempat. Ini memberikan pengalaman yang berharga kepada para Anggota Pramuka untuk mengenal dan menghargai keindahan alam serta pentingnya pelestarian lingkungan.

Dalam wawancara dengan Kamabigus, Kak Beti Hasniati, S.Pd.SD., M.Pd beliau menyatakan, "Kami sangat bangga dengan dedikasi dan semangat para anggota Gugus Pramuka Ramah Lingkungan ini. Mereka telah menjadi teladan bagi siswa lainnya dalam mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan. Kami berharap semangat mereka dapat diadopsi oleh seluruh warga sekolah."

Dengan upaya yang terus-menerus dilakukan oleh Gugus Depan Ramah Lingkungan 04.02.103-04.02.104 SD Negeri 032 Tembilahan, diharapkan para anggota pramuka tidak hanya menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan saatini, tetapi juga menjadi pemimpin masa depan yang berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

Penulis : Arvin

Editor : Said Abdul Azis











Tidak ada komentar